Sharing Bucket Of Travelling, Beauty and Happiness

Tuesday, 5 May 2015

Fokus ke Pola Hidup Ya!

Aku share ini karena ada yang minta sharing ini. Sebenarnya udah pernah aku share, cuman yaudah sih gapapa. Biar lebih dalem lagi ya..
Apa udah yakin mau nurunin berat badan? Kalo ndak komit ya susah. Aku nyatakan, menurunkan berat badan adalah sulit. Cuman ya, hasil enggak pernah mengkhianati usaha. Sehat dan ideal adalah tujuan utama untuk program ini. Cantik dan mudah cari baju, cuman bonus sih menurutku. Karena kalo emang dasarnya cantik, mau gimanapun pasti cantik.

Inilah yang aku lakuin untuk penurunan berat badan:
1. Menghitung Berat Badanku yang Seharusnya
Rumusnya adalah (Tinggi Badan (cm) - 100) x 90% = berat badan idealmu.
Nah kaya aku, Tinggi badan 157 cm (boncel kaaaaaann?)
BB idealku = (157-100) x 90% = 51,3kg. Yaa paling banter 52 kg.
Nah, duluu berat badanku itu sekitar 68-69kg. Apa enggak syok kau melihatnya. Kalo secara BMI, aku itu dulu udah masuk Pra-obese. *aku mendadak kejang-kejangg qaqaaaaaaa..!!*
Oke, ini enggak benar lagi. Harus ada yang diubah.

2. Mengurangi Asupan Makanan
Onde mande tusdee, susah kali woi. Susah!!! Secara biasanya aku makan membabi buta, jadi tong sampah kalo ada makanan yang ga habis. Yasalam, setan apa yang merasukiku?
Aku coba diet mayo, turun sihh. Tapi setelah itu makan awur-awuran lagi, naik lagi berat badannya, lebih dari sebelumnya malah. Naik lagi, sedih lagi, menyesal lagi.
Aku coba diet OCD. Mati aku, ga kuat. Ga kuaaaaatt!!
Aku coba makan rebus-rebusan. Eeet dah, lidahku mati rasa. Lidahku memberontak. Wong biasanya lidahku berjodoh dengan asin dan pedas? Ga, ga kuat.
Sampai pada akhirnya, aku menemukan teh hijau. Awalnya itu pahit gilaa! Kasihan kalilah ku buat lidahku ini. Kalo bisa nangis, nangis dia. Tapi kali ini aku bertekat, harus bisa. Jadi gini sistemnya.

Pagi:
Kalo ada kegiatan: makan 2-3 keping crackers / selembar roti tawar beroles selai + 1 gelas teh hijau
Kalo ga ada kegiatan: 1 gelas teh hijau.

Siang:
Terserah mau makan apa aja. Tapi aku sarankan, makanlah 3/4 porsi kemudian perlahan-lahan kurangi jadi 1/2 porsi dari porsi makan biasa + 1 gelas teh hijau.

Sore:
Olahraga!
Minum air putih + 1 gelas teh Hijau.

Malam:
Makan buah / 2-3 keping crackers + 1 gelas teh hijau.
Sebelum tidur, aku biasanya:
10 x 2 set squat. Ini untuk memperkecil paha.
10 x 2 set sit up. Ini untuk membentuk otot perut, jadi lebih kecil deh perutnya.
4 x 5 detik jinjit kaki. Jadi sekali jinjit = 5 detik. Terus turun, lalu jinjit lagi sama kaya yang tadi. Ini untuk memperkecil betis. Maklum betisku hampir sama dengan betis pemain bola.
10 x 2 set menggerakkan tangan kaya mau tinju. Ini untuk memperkecil lengan.
Itu semua dilakukan ga sampai lah 20 menit. Olahraga ringan aja kok. Gapapa sebentar, yang penting teratur, yang penting setiap malam wajib.

Kenapa aku begitu sebelum tidur? Karena pada saat istirahat, badan kita terus melakukan metabolisme, malah lebih maksimal dengan dipancing untuk memecahkan kalori setelah olahraga kaya tadi. Lagian itu lebih berfokus pada pembentukkan otot, bukan membakar. Pas pagi-pagi agak pegal, ya gapapa lah ya. Namanya juga mau ideal.. Haha..

3. Konsumsi Air Mineral-Infused Water
Dari dulu sampai sekarang, mama itu sering mengingatkan kami untuk banyak minum air mineral. Ya, air mineral itu pembuang racun dari tubuh dan memelihara kesehatan tubuh. Udah jadi kebiasaan, setiap pagi minum air mineral 2 gelas. Bagiku, ini untuk memperlancar BAB pagi hari.
Bosan minum air mineral yang itu-itu aja rasanya? Nah, pasti mulai sering dong denger istilah "infused water", ituloh yang air mineral dimasukkan buah atau sayur terus didinginkan di dalam kulkas kira-kira 2 jam, baru deh dikonsumsi. 
Sejauh ini, aku masih mengkonsumsi infused water pakai jeruk lemon. Asli, sueeegeer.. Dan disisi lain, kulitku jadi lebih cerah dan bebas jerawat. Jeruk lemon punya khasiat untuk membuang toxin. Amazing right? Aku sebisa mungkin, sesempat mungkin membuat infused water ini karena aku ngelihat manfaatnya hebat.
Air putih atau infused water juga membantu mengenyangkan perut sehingga mengurangi porsi makan kita. Keren ga sihh?

4. Olahraga
Ini olahraga yang untuk sore ya..
Dulu, aku olahraganya rada elit, ngegym. Tapi tunggu dulu, ngegym yang cmn ngeluarin duit 4000/ngegym kalo udah jadi member. Kalo belum, kena 6000. Ga rugi deh rasanya kalo cuman 4000 ya kan? Aku minimal 3x seminggu ngegym. Kalo lagi rajin bisa setiap hari, hahaha.. Sebelum ngegym, aku minum air putih dan makan pisang. Setelah ngegym makan pisang + jus buah.
Capek, berat, lapar, sakit emng terasa. Tapi aku sangat senang melihat keringat yang aku keluarin. Lagi pula, pembakaran lemak karena ngegym itu bisa berlangsung sampai 24 jam. Jadi ga heran, Dengan ngegym aku bisa nurunin berat badan 5 kg. Cuman ya gitu, aku orangnya bosenan, aku berhenti.
Aku juga pernah nyoba kelas aerobik. Asik kok. Cuman dengan alasan yang sama, aku berhenti.
Aku juga pernah coba lari2. Tapi badanku emang ga kuat sama namanya lari. I am give up aja bawaannya.

Aku sekarang olahragaku paling goyang-goyangkan badan di kamar kost, melakukan gerakan yang cepat dan berat untuk mengeluarkan keringat. Jadi kalo kamat kostku sudah pasang musik kuat-kuat, yakinlah aku sedang olahraga, atau ga, aku lagi galau. Mbuahaha...

Olahraga itu penting. Setelah ku perhatikan, mengurangi porsi makanan ga begitu ngaruh untuk penurunan berat badan tanpa olahraga. Olahraga jauh lebih mempengaruhi proses metabolisme tubuh.
Pengurangan porsi makanan bertujuan untuk melatih pencernaan kita agar tidak "manja" dengan makanan yang terlalu lama jadi kebiasaan kita. Lalu kita atur deh porsinya gimana. Disarankan lebih banyak mengkonsumsi makanan berserat dan berprotein tinggi. Ga hanya bentuk badan ideal, tapi juga meremajakan kulit jadi kitanya lebih awet muda.

Emang, dalam proses pengaturannya, ada banyak godaan. Tapi, tanamkan hal "aku mau sehat, aku mau merubah gaya hidupku". Sehat adalah point terpenting dalam pengaturan gaya hidup kita.
Yuks, sama-sama memperbaiki gaya hidup agar hidup kita lebih sehat ;)

No comments:

Post a Comment