Sharing Bucket Of Travelling, Beauty and Happiness

Saturday, 9 May 2015

Malam Minggu Beta

Jadi, ini malam minggu ke berapa tanpa jalan-jalan sama pacar?
Tanpa telponan yang putus karena pulsa habis terus bela-belain ke Indomaret ngisi pulsa lalu disambung lagi?
Tanpa senyum-senyum digodain pakai sms gombalan gebetan kalian?
Tanpa kata-kata,"Lho kok ngemilmu banyak kali? Tapi katanya mau diet? Habis popcornku samamu semua. Padahal mau ku bawa kian untuk adekku di rumah". Lalu kita sebagai cewekk, tertunduk malu. 

Ah mainstream, sangat mainstream sekali malam minggu kalian itu!! (pembelaan diri banget karena jomblo ini, hahaha..)

Aku malam ini lebih mengutamakan penyelesaian olah data skripsi forensik yang sudah deadline ini. (sebenarnya ga juga sih, karena ga ada yang ngajak jalan, ga ada mau diajak jalan dan ga niat jalan-jalan. Zzzzzzzzz...)
Aku memilih menghabiskan malam mingguku kali ini dengan mencoba mengerti pacar baruku berinisial SPSS. Iya, sebuah aplikasi olahan data SPSS For Windows 17.0. Dia terlalu banyak kode, dia terlalu banyak proses untuk dimengerti. Aku, yaaaaa sabar aja. Oke fix, ndak kemana-mana. Aku milikmu malam ini, SPSS.
Sebenarnya sebelum dapat data, aku sudah diajarkan kawanku dari universitas sebelah mengenai SPSS ini. Cuman, karena ga dilatih, aku jadi lupa-lupa mengoprasikannya. Ckck, maklumlah udah usia lanjut. -____-"
Karena ga tau mengoprasikannya, aku bantik stir memasukkan data ke Ms. Excel dulu. Yang penting, masuk dulu lah data-dataku ini. Masalah bisa di export ke SPSS, dipikirinnya belakangan. hahaha..
Ya, aku akui, ketika kita kuliah, kita sendiri yang harus berinisiatif untuk mencari, untuk berusaha mendapatkan. Lanjut atau tidaknya skripsi ada ditangan kita. Kalo ga, matilah udah. Yang kecewa orangtua dan orang sekeliling kita. Yang masa depannya terancam mentok adalah masa depan kita. Kuliah emang ga semudah TK-SMA. We should be struggle, guys! 
Aku download modul SPSS dari internet, tapi setelah aku coba-coba, makin tergulung-gulung otakku. Akhirnya aku belajar lagi dari kawanku yang lain. Dan taraaaaaa!! Aku bisaa. Jangan tanya aku tentang mengolah data analitik atau sekedar mem-valid-kan kuesionair. Nanti pasti ujung-ujungnya ajaran sesat yang ku ajarkan ke kalian. Aku hanya bisa mengolah data deskriptif. 
Coding - Masukkan data - Analyze - Keluarlah table dan Chart nya. 
Ternyata sesingkat itu. Lebih susah kayanya membuat Dessert Red Velvet Cake dengan kelembutan yang pas *astagaaaa, aku jadi kepengeeenn woiiiii!!!*
Oh ya, masalah meng-export data dari Ms. Excel ke SPSS. Aku googling dan aku dapat. Tapi entah bagaimana, terus-terusan FAILED.. Akhirnya istilah "pandai-pandailah" itu, aku praktekkan. Agak sulit ku ceritakan bagaimana "pandai-pandai" versiku untuk hal satu ini, tapi yang jelas, I have done my task! 
Jadi tugasku tinggal pembahasan, kesimpulan dan saran. Tapi malam mingguku, ku lanjutkan saja untuk mengambil kesimpulan dan saran. Pembahasan, nantilah itu. Soalnya itu mesti nyari pembanding yang pas dan teori yang memperkuat hasil dataku.
Sekianlah weee perkembangan skripsiku. Siapa aja deh yang baca tulisan ini, aku mohon doanya untuk kelancaran meja hijauku nanti yaaa.. 
Ga muluk-muluk, dilancarkan saja dan aku lulus dengan nilai yang memuaskan, aku sangat berterima kasih sama kalian. Aku mencintai kalian. Makasih yaaa *love you to the moon and not back hahaha*
SPSS DATA FORENSIK 1

SPSS DATA FORENSIK 2

No comments:

Post a Comment