Sharing Bucket Of Travelling, Beauty and Happiness

Thursday, 3 November 2016

[REVIEW] Tea Tree Oil - Jerawat Kempes

Eaaak!! Siapa deh yang musuhnya jerawat. Puji Tuhan, Alhamdullilah ya, aku bukan daily-rival-nya jerawat. Aku emang bukan turunan dari spesies orangtua yang berjerawat. Jadi saya bukan termasuk orang yang butuh perhatian khusus untuk menampis yang namanya jerawat. 

Kehidupanku dan Jerawat

Jerawat itu mah pada dasarnya salah satu proses fisiologisnya tubuh kok, salah satu penanda kamu itu udah akil balig. Kenapa? Brarti disitu ada proses adaptasi tubuh dengan adanya perubahan sistem hormonal kamu. 

Jadi inget, dulu waktu masih SMP,  jidatku memang lahan subur buat tumbuh jerawat. Selain karena proses akil balig, wajahku emang jenis yang normal-oily, tapi ga berminyak2 kali kok. Justru seharusnya kamu bersyukur kalo punya kulit yang sedikit oily, karena kulit kamu akan tetap kenyal dan tidak mudah kering. Kebayang dong kalo kulit wajah kering, terus wajah sering berekspresi, sadar ga sadar akan cepat timbul kerutan-kerutan, semacam proses penuaan gitu. So, Don't worry if yours is a little bit oily yaaa.. 

Back to story. Jadi, ga heran deh dulu wajahku banyak jerawat. Cuman, karena aku ngerti proses itu, jadi aku ga panik, ga begitu takut dan langsung buru-buru perawatan kulit. Jujur aja, aku justru paling takut kalo tergantung sama obat.

Nah sekarang buktinya, jerawatku hampir ga ada. Paling sesekali aja muncul, itu pun karena kurang tidur (maklumlah sering jaga malam di rumah sakit atau sekedar ngalong browsing gitu), stres tugas-ujian - banyak pikiran, kurang bersihkan wajah (bahkan kalo udah capek pulang dari rumah sakit, aku lebih memilih tidur tanpa cuci muka. Udah tak bisa dihitunglah berapa banyak kuman dan debu yang ku angkut dari luar, kan?), jarang ganti sprei dan sarung bantal (ini salah satu penyebabnya. Beneran deh. Setelah aku sering ganti, kira2 dua kali sebulan, jerawat ga muncul shaaaay...). Dan yang paling simple tapi ngaruh sejagad raya, kurang minum air mineral. Nothing i can say, tapi air memang sahabat karibnya kulit. Ya wajar kulit bermasalah, soalnya kamu menjauhkan dia dari sahabatnya. Yaaa meradanglah dia.

If I get some Acnes

Hem, tangan kita emang ga bisa diem kalo misalnya sesuatu yang mengganggu di wajah. Bawaannya itu, pengen megang dan ngopekkin. Padahal itu haram hukumnya, karena di tangan kita ada uncountable bacteries. Benda yang meradang, kalo ditambah bakteri, jadinya? Ya jadiiiiii hancur. Tenang, kalian tidak sendiri. Aku juga gitu, tapi sekarang moga-moga ga gitu lagi. Aku nyesel. Kalian jangan niru aku ya, hehe.. :'''')))
Kemasan 20 ml = around Rp 200.000,-
Jadi kalo aku tiba-tiba ada jerawat, itu kenapa? Ya kaya yang aku bilang tadi. Then, what should I do?
1. Aku tetep cuci muka kaya biasa,  tetep menjaga higienitas kulit. Mau dimanapun aku berasal, ketika aku nyampe rumah, aku langsung cuci muka. Siap itu, mau tidur silahkan, mau nonton silahkan, mau jungkir balik juga ga ada yang ngelarang (hahaha...).

2. Nah, aku punya senjata pribadi sih untuk menangkas jerawat itu. Aku pake Tea Tree Oil The Body Shop. Awalnya sih karena aku disarananin temen, soalnya aku emang basically orangnya agak pemilih sama kosmetik. Aku takut ga cocok atau bahkan alergi. Cuman karena aku udah ngelihat gimana cocoknya Tea Tree Oil di wajah dia, aku pake.
Iyaps, Tea Tree Oil totally works on me. Kerjanya simple. Tea Tree Oil sifatnya antibakterial. Tadi kan, aku udah bilang, pada dasarnya jerawat itu muncul karena ada radang dan bakteri. Jadi kalo diberi antibakterial, calon jerawatnya bakal ga begitu meradang, lama-lama menciut. Pengalaman aku sih, 1 jerawat itu bakalan kempes 1-2 hari. Percayalah, tidak ada yang instan, bahkan mie instan saja perlu direbus untuk dimakan? Ya kan?

Ada yang bilang, kalo pengaplikasiannya memakai cottonbudd. Cuman rasaku cara begitu boros, karena nanti Tea Tree Oil nya bakal banyak terserap di kapas. Jadi kalo aku cukup meneteskan 1 tetes di jari telunjuk, lalu mengolesnya untuk 1-3 jerawat, tergantung kondisi jerawatnya sih. Tapi yang mesti cuci tangan dulu ya sebelum menggunakannya.

Kemasan 10 ml = Rp 119.000,-
Udah gitu, kemasanannya juga simple and handy. Jadi mudah banget dibawa, hohoho.. Walaupun berjerawat, kita jadi ga rempong untuk menghilangkan jerawat ini. Tapi, mesti hati-hati sih, karena botolnya terbuat dari kaca.

Tea Tree Oil punya dua kemasan: ada yang isi 10 ml, terakhir harganya Rp 119.000, tapi ga tau deh kalo sekarang. Satu lagi, isinya 20 ml, kalo ga salah sih harganya around Rp 200.000an gitu. Ya, masih cukup terjangkau kok ya. Pengalamanku, untuk kemasan 10 ml, aku bisa habis dalam 3-4 bulan. Soalnya aku memakainya kalo ada jerawat aja. Kalo yang 20 ml, belum tau. Aku baru beli nih, masih penuh.

Then, kenapa aku cuman pake Tea Tree Oil? Karena daily face care ku yang lama masih cocok sama aku, jadi aku ngerasa ga perlu coba-coba, yaaa walaupun kadang agak bosen dengan aromanya. Cuman aku emang tipe yang mementingkan kecocokkan daripada variant. Ibarat kalo pacaran, kalo udah cocok, ya setia aja. Kalo bosen, ya berinisiatif saja untuk menghidupkan hubungan itu. (Buseeet, aku apa deh ngomongnya...). 
Selain itu, price tag perawatan Tea Tree kan emang rada mahal, aku takut cocok, tapi nanti malah ga bisa beli lagi, kan payah. Malah stres mikirin harga, jadi pikiran, jerawat lagi deh. Coba deh cari daily face care yang cocok ke muka dan cocok ke dompet. Perawatan wajah bukan masalah brand, shaaayy.. Tapi gimana yang cocok dengan kehidupanmu. Gmana, cocok?


2 comments:

  1. Aku belum pernah coba si Tea Tree Oil ini. Jerawat juga jarang-jarang mampir. Palingan kalo pas kumat alergi, muncul deh jerawat sebijik dua bijik. Lama-lama ilang sendiri ;). Beberapa skin care nya The Body Shop ada yang cucok dan ada juga yang kurang cucok sama kulit muka yang ngga seberapa inih :D. Fave ku siy Vit E Face Mist nya ;).

    mollyta(dot)com

    ReplyDelete
  2. Huaaa iya mbak moly, kalo make up sih cocok-cocokkan. Kalo udah cocok, bagusan itu aja. Kaya nyari jodoh (lho?!)
    Heemm, iya aku baca review Vit E face mistnya jg bagus, boleh ku coba deh kapan-kapan :D

    ReplyDelete